Obat Batuk Kering

Penyebab batuk kering ternyata sangat beragam. Untuk mengetahui penyebab batuk kering, kita perlu mengenali dan memahami karakteristik batuk tersebut. Batuk kering dapat terjadi akibat reaksi alergi terhadap lingkungan.

Jika batuk kering sudah cukup lama dialami, bisa jadi batuk kering yang saat ini terjadi disebabkan oleh iritasi terhadap asap rokok, alergi, gejala asma atau bronkitis. Seseorang yang menderita penyakit paru-paru kronik juga bisa mengakibatkan batuk kering yang lama terjadi.

Batuk kering juga disebabkan oleh efek samping pemakaian dari obat jantung, obat untuk tekanan perubahan darah, infeksi virus biasa, influenza atau flu bahkan refluks pada asam lambung. Penyebab batuk karena alergi atau iritasi, maka hal yang perlu dihindari adalah :
- Debu
- Paparan polusi udara seperti asap rokok
- Makanan yang menyebabkan alergi (seperti gorengan, minuman dingin dan minuman bersoda).
- Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernafasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
- Infeksi saluran pernafasan bagian atas (ISPA).
- Alergi
- Asma atau tuberculosis
- Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
- Tersedak akibat minum susu
- Menghirup asap rokok dari orang sekitar
- Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.

Banyak jenis obat batuk kering yang dijual di apotik atau toko obat. Batuk kering atau batuk non produktif karena batuk tidak mengeluarkan dahak. Ada beberapa jenis obat batuk kering yang dapat diperoleh di toko obat, apotik atau dengan resep dokter, yakni :

1. Obat batuk kering yang memiliki sifat zat pereda, seperti :
- Dektrometorfan Hbr
- Kodein
- Noskapin

2. Obat batuk kering yang bersifat antihistamin atau anti alergi, seperti :
- Prometazin
- Klorfeniramin
- Difenhidramin maleate

3. Obat batuk ekspektoran

Obat batuk ekspektoran (pengencer dahak). Berguna untuk mengatasi batuk berdahak karena kerjanya merangsang dan memudahkan pengeluaran dahak atau lendir. Zat ekspektoran berfungsi untuk meningkatkan aliran cairan normal tenggorokan dan membantu meringankan rasa sakit.

4. Obat batuk antitusif (penekan batuk)

Penekan batuk beraksi pada pusat pengendali batuk di bagian otak yang disebut medulla, atau di pusat iritasi di tenggorokan, yang membuat diaktifkannya pusat batuk. Obat ini digunakan untuk batuk tidak berdahak. Biasanya tersedia dalam bentuk cair dan padat.

Namun sebelum dilakukan dengan pemberian obat-obat batuk kering jenis tersebut ada baiknya mengenali gejala dan penyebab batuk kering. Sehingga obat uang diminum dapat tepat sasaran pada pengobatan batuk kering.


=====================================

>>> Obat Batuk Kering, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Batuk Kering and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>